8 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

8 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

8 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat – Menjelang tahun akademik baru, tips memilih jurusan kuliah kembali dicari calon maba alias mahasiswa baru. Apa kamu salah satu di antaranya? Ya, tak dipungkiri kalau menentukan jurusan di universitas idaman bisa bikin pusing tujuh keliling. Kesalahan sedikit saja berpotensi menjebak kamu buat kuliah di jurusan yang tak sesuai minat maupun bakat. Jauh ke depan hal ini berdampak terjadinya pengangguran setelah sarjana, akibat ketidakseriusan dalam mempelajari materi kuliah yang ditentukan.

Jika sampai detik ini kamu masih merasa kebingungan untuk menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat, cobalah untuk membaca beberapa tips di bawah ini. Mungkin saja setelah membaca tulisan ini, kamu akan mendapatkan banyak inspirasi darinya.

Berikut ini 9 cara memilih jurusan kuliah yang tepat

1. Passion tak selamanya jadi jaminan

Banyak tips yang mengatakan kuliah sesuai passion bakal menyenangkan. Alasannya karena kamu akan menghadapi lebih sedikit risiko sampai lulus cepat. Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, tetapi dalam tips memilih jurusan kuliah yang tepat kali ini, kamu perlu memperhatikan hal-hal baru dari jurusan yang dianggap sesuai passion tadi.

Ingat, kuliah berbeda dengan belajar di sekolah menengah. Kamu akan mendalami subjek-subjek dari sebuah jurusan. Kamu bisa saja menjumpai materi yang lebih sulit maupun bertentangan dengan passion yang selama ini dijunjung.

2. Memahami potensi yang kamu miliki

Dalam cara menentukan jurusan kuliah yang tepat, kamu harus mengenali dan memahami potensi yang dimiliki. Sebagai contoh, kamu kepengin bekerja sebagai programmer selepas lulus kuliah. Di sisi lain, kamu ternyata mempunyai kelemahan atau sulit menguasai subjek-subjek yang menunjang profesi tadi. Kalau sudah begini, kamu sebaiknya pertimbangkan opsi alternatif.

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat memudahkan kamu dalam posisi ini adalah mengetahui minat yang selama ini ditekuni. Dari sini, kamu akan lebih mudah mengarahkan diri untuk menelusuri fakultas dan jurusan yang sesuai.

3. Hindari ikut-ikutan pilihan teman

Salah satu kesalahan umum yang masih dilakukan kebanyakan maba dalam cara memilih jurusan kuliah yang tepat adalah ikut pilihan teman. Alasannya pun macam-macam, dari belum bisa memastikan pilihan akhir sampai tak mau berpisah dengan sahabat lengket. Padahal belum tentu kamu bisa sesukses temanmu saat masuk ke jurusan mereka.
Ketika masuk universitas, nasib akan bergantung pada keputusan yang kamu buat.

Maka dari itu sebaiknya jangan gantungkan nasibmu pada jalan yang dipilih teman. Pasalnya bukan hanya kamu yang akan merugi, tetapi juga masa depanmu.

4. Pelajari kelebihan dan kekurangan

Mempelajari kelebihan dan kekurangan merupakan cara menentukan jurusan kuliah yang tepat cukup mudah buat kamu lakukan. Menengok kelebihan saja memang terasa menyenangkan, tetapi kalau sampai mengabaikan kekurangan, kamu bakal menemukan kesulitan saat masuk universitas. Riset terhadap jurusan adalah langkah tepat yang dapat dilakukan untuk mendalaminya.

Beberapa data yang perlu kamu periksa mencakup kuota atau daya tampung mahasiswa, daftar mata kuliah utama, dan SKS yang wajib kamu penuhi. Tindakan seperti ini akan menyiapkanmu jauh-jauh hari sebelum memasuki kelas yang sesungguhnya.

5. Mengetahui tingkat akreditasi jurusan

Sering melihat jurusan-jurusan tertentu mencantumkan akreditasinya? Perlu kamu ketahui kalau tingkat akreditasi menunjukkan kredibilitas jurusan, terutama untuk universitas swasta. Pada cara memilih jurusan kuliah yang tepat kali ini, mengetahui akreditasi bakal membantumu memprediksi proses melamar pekerjaan setelah lulus dari universitas.

Tidak ada yang salah dengan memikirkan peluang pekerjaan sejak awal masuk universitas, lho. Justru kamu harus mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari. Apalagi dari tahun ke tahun persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat.

Silahkan baca juga :

6. Peluang kerja yang ditawarkan jurusan

Nah, menyambung dari poin sebelumnya, tips memilih jurusan kuliah yang tepat selalu berkaitan dengan peluangmu diterima kerja di kemudian hari. Analisis potensi jurusanmu di dunia kerja. Apa kamu nantinya akan mudah mendapatkan posisi yang diincar? Seberapa banyak perusahaan yang kelak membutuhkan lulusan dari jurusan yang kamu incar?

Memang langkah ini tak selalu bersifat mutlak karena kenyataan kadang berkata lain. Namun, mengantisipasi jauh lebih baik daripada menyesal. Jadi pertimbangkan point penting berikut ini kalau kamu pengin cepat kerja begitu menyandang status sebagai sarjana, ya!

7. Memantau trend dan situasi global

Di era globalisasi seperti sekarang, mengabaikan apa yang terjadi di dunia bakal bikin kamu susah maju. Jadi, pada point  yang satu ini, kamu disarankan buat mengamati tren dan pemberitaan terkini di beberapa negara, terutama yang berhubungan dengan jurusan incaranmu. Bisa jadi kamu akan mendapatkan pencerahan dari pemantauan tersebut.

Selain itu, cermati juga apakah tren itu masih mampu bertahan dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun ke depan. Cara menentukan jurusan kuliah yang tepat bakal membimbingnu mencari profesi yang cocok dengan jurusan yang diminati.

8. Memperhitungkan anggaran buat kuliah

Membahas anggaran buat kuliah sering kali bikin orangtua dan anak sama-sama bingung. Kadang, beberapa orang sampai rela terjun ke jurusan yang tak sesuai minat hanya karena finansial yang pas-pasan. Sebenarnya ada yang bisa kamu siapkan beberapa tahun sebelumnya untuk mengakali biaya, yaitu mengincar beasiswa yang disediakan universitas.

Mendapatkan beasiswa memang sulit karena ada banyak syarat yang wajib dipenuhi. Belum lagi pesaingnya datang dari berbagai penjuru tempat di Indonesia. Membuat tabungan pendidikan adalah opsi alternatif dalam memilih jurusan kuliah  yang tepat bisa diterapkan orangtuamu.

Persiapan lain yang harus diperhatikan sebelum kuliah

Selain menimbang jurusan, ada hal-hal lain yang harus kamu pertimbangkan sebelum memulai ‘kehidupan’ baru di universitas, antara lain:

1. Cara adaptasi di kampus

Terlalu sibuk mencari informasi dalam memilih jurusan kuliah yang tepat terkadang membuat beberapa orang lupa dengan cara adaptasi di kampus. Perhatikan lingkungan universitas, khususnya area jurusan yang nantinya kamu kunjungi setiap hari. Jangan sungkan bertanya kepada staf atau kenalan seperti senior untuk mengurangi kecanggungan.

2. Bangun mental sebagai mahasiswa

Perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa harus kamu barengi juga dengan persiapan mental. Jadi, setelah mencari cara menentukan jurusan kuliah yang tepat , pelajari juga kebiasaan dan pergaulan yang akan kamu hadapi saat menjadi mahasiswa. Sebagai contoh, kalau sebagai siswa biasanya kamu yang ‘disuapi’ guru, sebagai mahasiswa, kamu harus aktif mencari informasi sendiri.

3. Mengenali gaya hidup di kampus

Mengenali gaya hidup kampus mungkin terkesan begitu sederhana tapi ini bisa dijadikan acuan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Namun, mengabaikannya akan membuat kamu kerepotan, lho. Beberapa universitas memasang aturan khusus dan tak tertulis yang wajib dipatuhi para mahasiswa. Oleh karena itu kamu perlu mencari detail-detail tersebut supaya nyaman beraktivitas di lingkungan kampus.

4. Transportasi dan rute menuju kampus

Satu lagi hal yang tak boleh kamu lewatkan selain diantara beberapa point penting di atas adalah memastikan rute dan transportasi yang akan digunakan. Baik itu dengan kendaraan pribadi maupun publik. Kamu yang datang dari luar kota mungkin agak kesulitan pada minggu awal karena harus menghafalkan rute, jadi jangan malu buat meminta bantuan teman.

Saya harap, kamu sudah mendapatkan pilihan terbaik setelah membaca tulisan ini. Semoga apapun pilihan mu saat ini dapat memberikan kehidupan masa depan mu menjadi lebih baik lagi. Amin…

Silahkan baca juga :

2 thoughts on “8 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat”

Leave a Comment

Open chat