Perilaku Produsen

3 min read

perilaku-produsen

Pengertian Istilah Produsen (Producent)

Dalam membahas produsen, ada baiknya kita mengetahui istilah produsen (producent). Ada beberapa pengertian istilah Produsen (Producent) antara lain sebagai berikut :

  1. Hak kekayaan intelektual: orang, organisasi atau perusahaan yang memasok produk atau layanan. Misalnya. pembuat sepeda. Ditemukan di https://www.juridischvragenboek.nl/zoek/producent
  1. seseorang yang atau perusahaan yang membuat atau memproduksi sesuatu. Ditemukan di https://www.words.org/word/producer
  1. Bertanggung jawab atas usaha organisasi dan keuangan dari satu atau lebih produksi teater. Seringkali juga inisiator. Ditemukan di https://www.cultureelgebruikboek.nl/toneel/producent
  1. seseorang yang menghasilkan komoditas untuk profesinya; perusahaan yang memproduksi barang perdagangan. Ditemukan di http://anw.inl.nl/article/producent
  1. Produser adalah penyedia produk layanan atau produk. Penyedia mungkin atau mungkin bukan orang, perusahaan atau organisasi. Kata “produsen” dalam bahasa Inggris pada dasarnya memiliki arti yang sama dengan kata “produsen” dalam bahasa Belanda, tetapi di Belanda istilah bahasa Inggris hanya digunakan untuk produk yang bersifat pribadi … Ditemukan di http://www.ensie.nl/definitie/Producent
  1. Orang atau badan hukum (B.V. atau N.V. atau Stichting atau Vereniging) yang memproduksi, yaitu, membeli barang atau jasa dengan maksud menjual atau memprosesnya untuk dijual. Orang yang membeli untuk mengkonsumsi barang atau jasa adalah konsumen. Ditemukan di http://www.fons-vernooij.nl/bb-site/index.html
  1. hak cipta: produsen adalah orang atau organisasi atau perusahaan yang menyediakan produk atau layanan. … Ditemukan di https://www.juridischvragenboek.nl/zoek/producent

 

Pengertian Produksi

Dalam pengertian sederhana, produksi berarti kegiatan menghasilkan barang/ jasa. Produksi adalah kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang/jasa. Pelaku kegiatan produksi disebut produsen. Contohnya ialah: kau diolah menjadi lemari, benang menjadi baju, dan sebagainya.

 

Tujuan Produksi dan Perilaku Produsen

Kalau kita simak pengertian produsen di atas maka Nampak jelas bahwa semua kegiatan dalam proses produksi tentunnya memiliki tujuan bahkan mempengaruhi pola perilaku produsen atau perusahaan.

Adapan  tujuan dan memengaruhi perilaku produsen yakni sebagai berikut:

  • Menghasilkan barang atau jasa

Menghasilkan barang atau jasa dengan menciptakan atau membuat barang maupun jasa baru melalui proses produksi oleh produsen merupakan tujuan kegiatan produksi.

  • Meningkatkan nilai guna barang atau jasa

Sebuah perusahaan/industri memproduksi suatu barang bertujuan untuk meningkatkan nilai guna barang itu sendiri, di mana sebelumnya barang tersebut belum/kurang berguna tetapi sesudah melalui proses produksi nilai guna dari barang tersebut menjadi lebih tinggi.

  • Meningkatkan kemakmuran masyarakat

Produsen menciptakan barang dan jasa tentunya memiliki tujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan. Dengan terciptanya barang yang diproduksi maka secara tidak langsung mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat. Kenapa demikian? Masyarakat dengan hasil barang produksi dapat menjadi peluang bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan bagi dirinya dan orang lain. Contohnya produsen menciptkan produk kartu Telkom, maka masyarakat bisa memanfaatkan produk tersebut untuk menghasilkan uang.

  • Meningkatkan keuntungan

Dengan memproduksi barang dan jasa diharapkan dapat meningkatkan keuntungan industri/perusahaan tersebut.

  • Memperluas lapangan usaha

Apabila suatu perusahaan sudah memiliki skala produksi yang besar dan diminati/laku pasar maka dapatlah dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan semakin besar sehingga dapat memperluas lapangan usaha.

  • Menjaga kesinambungan usaha perusahaan

Tujuan berikutnya adalah untuk menjaga kesinambungan usaha perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat terus berjalan baik dalam memperoleh faktor-faktor produksi, memproduksi barang dan jasa serta menjualnya ke pasar untuk mendapatkan keuntungan.

Secara sederhana Peran RTP (Rumah Tangga Produsen)  pada umumnya dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.

  • Perusahaan/produsen menjual hasil barang produksinya  Rumah Tangga Konsumen (RTK), rumah tangga pemerintah (RTG), dan masyarakat internasional.
  • Oleh Karena prusahaan/produsen menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh konsumen (RTK) maka produsen harus memberikan kompensasi/balas jasa kepada konsumen. Seperti sewa, bunga, upah/gaji dan keuntungan atau laba.
  • Berkewajiban membayar pajak kepada pemerintah atas pengeloaan penciptaan barang produksi.

baca juga :

Faktor-Faktor Produksi

Faktor produksi merupakan segala yang dibutuhkan atau dipergunakan dalam proses penciptaan  barang dan jasa. Faktor-faktor produksi yang digunakan oleh produsenTerdiri atas:

Faktor Produksi Alam

Semua kekayaan alam yang dapat digunakan dalam proses produksi . Contohnya: barang tambang,  tanah dan hasil-hasil dari tanah. Tanah merupakan tempat dilakukannya usaha. Bahan baku produksi pun berasal dari tanah.

Faktor Tenaga Kerja

Seperti halnya tanah, manusia merupakan faktor produksi asli. Manusia berperan sebagai tenaga kerja dalam berbagai tingkatan. Mulai dari pimpinan puncak sampai tenaga pesuruh, manusia sangat menentukan baik-buruknya hasil produksi

Pengelempokkan Tenaga Kerja

Menurut kualitasnya :

  • Terdidik. Melalui pendidikan tertentu sehingga memiliki keahlian di bidangnya, seperti dokter
  • Terampil. Memerlukan kursus atau latihan keterampilan tertentu sehingga terampil di bidangnya, seperti Sopir
  • Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih. Tenaga kerja yang tidak melalui pendidikan dan latihan. seperti Petugas Kebersihan

Faktor Modal

Modal dengan apapu bentuknya dan sumbernya sangat diperlukan dan menentukan keberhasilan suatu  proses dalam produksi. Mesin-mesin dan uang yang diperoleh dari pemilik atau pinjaman dan hibah pihak lain, sangat berguna untuk menghasilkan barang/jasa. Segala hal yang digunakan untuk proses produksi barang dan jasa. seperti Uang dan Mesin Pabrik

Faktor Tenaga Kewirausahaan (entrepreneur)

Jiwa wirausaha dan keahlian dalam mengelola usaha yang dimiliki setiap individu dalam proses produksi sangat menunjang keberhasilan dalam menghasilkan barang dalam segi kuantitas dan kualitas. Keahlian dan keterampilan pelaku usaha. Seperti Koki masakan. Keahlian atau keterampilan memasak wajib dimiliki bila seseorang ingin menjadi koki yang hebat.

Teori produksi

Proses produksi merupakan suatu proses mengkombinasikan proses pembentukan berbagai input menjadi output. Dengan kata lain bahwa kombinasi keterkaitan antara input dan output merupakan fungsi produksi.

Secara sistematis, fungsi produksi dapat ditulis dalam persamaan berikut.

perilaku produsen

Hukum produk marjinal

Hukum produk marjinal yang makin menurun menyatakan bahwa apabila faktor produksi ditambah terus-menerus, pada mulanya produksi meningkat, tetapi sesudah mencapai tingkat tertentu pertambahan produksi tersebut akan semakin menurun.

Contoh Produsen yang sangat berhasil di dunia : ‘De Producent

Asosiasi untuk ekspor Keju Gouda penuh lemak dengan label Kualitas Pemerintah” yang kemudian disebut ‘De Producent’ – didirikan pada tahun 1915.

Koperasi ini didirikan untuk menciptakan posisi penjualan yang lebih baik bagi para pedagang. Petani menjual keju mereka sendiri kepada pedagang yang membeli keju sesuai dengan harga pasar, artinya petani sering harus menjual di bawah biaya. Dengan mendirikan koperasi, para petani menerima jaminan pembelian dan kompensasi tetap untuk keju.

Lebih dari seratus tahun kemudian, De Producent masih menawarkan jaminan pembelian dan mewakili pembelian keju yang bertanggung jawab yang diproduksi oleh para petani.

Di dalam Koperasi, De Producent memiliki sejumlah besar petani yang memproduksi keju di bawah kendali kualitas De Producent yang ketat. Sebagai hasilnya, De Producent selalu dapat menyediakan beragam keju berkualitas tinggi yang kaya dan beraroma. Karena pertumbuhan pasar keju domestik dan internasional, De Producent telah menjadi perusahaan yang modern dan fleksibel dan merupakan salah satu pemasok lebih besar Keju Farmhouse Belanda di Eropa.

Melihat ke depan dan pertumbuhan domestik dan internasional yang diharapkan, ekspansi kapasitas yang berkelanjutan adalah suatu keharusan. De Producent karenanya telah berinvestasi di gudang baru dengan sertifikasi kualitas lengkap.

 

baca juga :

One Reply to “Perilaku Produsen”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat