6 Cara Mengatur Waktu Belajar Yang Efektif Untuk Pelajar

6 Cara Mengatur Waktu Belajar Yang Efektif Untuk Pelajar

Waktu belajar yang efektif di rumah bagi seorang pelajar setidaknya membutuhkan minimal 30 menit hingga 1 jam lamanya untuk mengulangi setiap materi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Tujuan utamanya tidak lain adalah mempertajam daya ingat atas materi pelajaran yang diberikan oleh guru dan meningkatkan proses pemahaman materi. Sehingga, bukan tidak mungkin prestasi dari sisi akademis akan meningkat. Pengaturan waktu belajar berkaitan dengan bagaiana memanejemen waktu tersebut. Jadi seorang siswa harus banyak membaca artikel berkaitan dengan time management, yang biasa bayak dilakukan oleh pengusaha sukses.

Hanya saja kebanyakan pelajar cukup mengalami kesulitan dalam hal mengatur waktu belajar yang baik. Ada beragam alasan seperti kurang bersemangat, memiliki persepsi bahwa bejalar merupakan hal yang membosankan, memiliki kesibukan lain dalam organisasi atau ekstrakurikuler di sekolah dan sebagainya.
Hingga pada akhirnya berakibat pada seorang pelajar tidak percaya diri tentang prestasi akademis yang kian memburuk bahkan keluhan dari para orang tua.
Jika Kamu sebagai seorang pelajar merasakan demikian, beberapa cara mengatur waktu belajar yang baik dan efektif berikut ini akan sangat membantu, diantaranya:

1. Disiplin dan komitmen merupakan kunci utamanya

Untuk mencapai kesuksesan diperluan sebuah kedisiplinan dan memiliki niat yang kuat untuk mencapai suatu tujuan belajar. Jika ingin mendapatkan prestasi yang baik di sekolah, tentu saja belajar haruslah menjadi sebuah kebutuhan utama bukan suatu kewajiban.
Kamu harus mampu membuat aturan dan waktu jam belajar serta mentaati jadwal tersebut agar waktu belajar menjadi benar – benar efektif.

Jika diperlukan, buatlah kesepakatan untuk diri sendiri jika kamu melanggar aturan yang telah dibuat. Misalnya saja, lebih giat membantu orang tua membersihkan perkarangan rumah, melakukan push up, mengurangi waktu bermain dan sebagainya.

2. Hindari menunda waktu belajar

Kebanyakan pelajar memiliki waktu belajar yang kurang efektif  dikarenakan seringkali menunda suatu pekerjaan.

Misalnya saja, menunda untuk mengerjakan tugas pelajaran yang diberikan oleh guru dan sebagainya. Pada akhirnya, suatu pekerjaan akan menumpuk dan membuat rasa kurang bersemangat untuk belajar.

Mulai sekarang, sediakan waktu luang setiap harinya untuk mengerjakan hal tersebut. Paling tidak, kamu membutuhkan waktu 15 – 30 menit untuk mengulang materi pelajaran sekolah, mengerjakan tugas dan sebagainya.

3. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Siapa sih yang betah dengan kondisi lingkungan belajar yang berdebu, ramai, berantakan dan ruangan yang panas ? Saya yakin, kamu tidak akan betah jika lingkungan belajar mu seperti itu. Begitu juga dengan saya !.

Coba perhatikan kondisi ruangan belajar di rumah mu saat ini, apakah sudah cukup baik ?

Jika belum begitu terlihat baik, maka ciptakan kondisi tersebut agar waktu belajar akan menjadi lebih efektif. Kamu pasti akan merasa nyaman dan betah di sana walaupun telah melewati waktu yang cukup lama.

Silahkan baca juga :

4. Fokus terhadap satu hal

Saya mengetahui, ada banyak sekali materi pelajaran di sekolah. Terkadang hal ini membuat banyak pelajar mengalami kesulitan untuk mengatur waktu belajar yang baik dan efektif.

Seringkali yang menjadi pertanyaan, “mana yang harus aku kerjakan terlebih dahulu ?” Semuanya penting !.

Kunci utamanya adalah tidak menunda waktu belajar seperti point kedua di atas.

Selanjutnya, buatlah skala prioritas dan membagi waktu belajar lebih banyak pada prioritas utama. Misalnya saja, 1 minggu ke depan akan dilaksanakan kuis pada pelajaran matematika.

Maka, skala prioritas waktu belajar matematika tentu saja di tingkatkan, yang tadinya hanya 10 menit perhari menjadi 20 menit perhari. Coba lakukan itu, saya yakin kamu akan berhasil.

5. Penuhi waktu istirahat yang cukup

Waktu istirahat sangat menentukan kualitas belajar pada diri seseorang. Terutama bagi seorang pelajar haruslah memiliki waktu cukup untuk tidur. Idealnya minimal waktu istirahat bagi pelajar membutuhkan 7 – 8 jam per hari, 7 jam waktu tidur malam dan 1 jam waktu tidur siang. Kurang lebih begitu !.
Mengapa demikian ?

Hal ini dikarenakan ada kaitannya dengan kemampuan otak dalam berfikir dan menyimpan memori ingatan. Seseorang yang tidak memiliki cukup waktu istirahat, mengalami kecenderungan kesulitan dalam berfikir dan menerima sesuatu hal yang baru. Tentu saja bagi seorang pelajar, hal tersebut haruslah dihindari.

6. Melakukan evaluasi diri secara berkala

“Sudah sejauh mana saya belajar saat ini ?”. “Apakah ada suatu perubahan positif pada diri saya ?”. “Apakah prestasi di sekolah mengalami peningkatan ?”.

Pernahkan kamu bertanya pada diri sendiri dengan sederetan pertanyaan seperti di atas ? Bagaimana hasilnya ?

Jika kamu merasa belum ada tanda – tanda perubahan, maka hal inilah yang perlu di evaluasi. Mungkin ada beberapa point di atas yang kamu abaikan selama ini.

Nah, itulah beberapa saran dari saya mengenai beberapa cara mengatur waktu belajar yang efektif bagi seorang pelajar yang dapat kamu lakukan setelah membaca tulisan pendek ini. Walaupun terasa sulit untuk melakukannya, jika ada kemauan kuat maka saya yakin kamu pasti bisa.
Apakah kamu memiliki tips terbaik lainnya yang belum saya sebutkan ? Saya tunggu balasannya di kolom komentar postingan ini ya…

1 thought on “6 Cara Mengatur Waktu Belajar Yang Efektif Untuk Pelajar”

Leave a Comment

Open chat